Friday, May 14, 2010

Cerita Operasi Tiroid

Sejak 2008 gue sadar kalau leher gue ada benjolannya. Hal ini tidak begitu menakutkan karena ibu gue juga 'gondokan' dan udah dioperasi. Juga bude gue. Juga mbah. So it's genetic.

Gue gak tau urut2annya benar atau nggak, karena tante gue dokter dan gue dibawa ke temen2nya aja, jadi bisa jadi harusnya gak begitu, heheh.

Pertama, gue ke dokter penyakit dalam. Dia suruh USG dan tes hormon.

Hasil USG menunjukkan bahwa ada kista. Hasil hormon normal

Gue tidak akan panjang lebar ttg kedokteran, simply because I'm not interested on my sickness. FYI, benjolan di leher macam2 bentuk dan jenisnya. ADa yang cairan dan bisa disedot doang, ada yang harus dioperasi.

Urusan perdokteran ini agak tertunda karena gue sering ke luar kota dan tante gue sibuk..sampai tahun 2010 ini.

Gue rasakan bahwa gue semakin sering sakit. Flu. Batuk. Endless sickness. Memalukan.
Analisis sederhananya adalah benjolan di leher gue ini bikin gue jadi sakit2an.

Berhubung jenis yg ada di leher gue gak bisa dikempesin, gue harus ke dokter bedah

Akhirnya April lalu gue ke polibedah tumor di sebuah RS pemerintah di Jakarta PUsat.

Mengapa RS pemerintah? Simple. Karena tante gue kenal dokter2 di sana. Dan gue pengen pake Askes gue.

Oya, sblm operasi gue harus USG, foto thorax, dan tes darah.

Rencana operasi akhir April tertunda karena gue kena diare hebat. Dashyat. Gue curiga itu stress, tp kayaknya nggak deh, soale orang2 kantor gue pada diare juga :D

Jadi akhirnya gue masuk RS tanggal 3 Mei 2010. Kamar VIP. Hari pertama check in, tentu masih sehat. Gue masih sempat bawa proyek gue --tas peyek--, hehhe.

Besoknya, 4 Mei, operasi. Gue inget didorong pake kursi roda ke ruang operasi, ganti baju, tiduran di bed, ditempel2in alat di dada, dan...
...gue gak inget lagi sesudahnya :D

Ternyata benjolan di leher gue itu ganas. So they removed both my thyroid glands. Operasi berjalan selama hampir 4 jam, dan gue inget munt@h di recovery room. Dua kali. hehehe

Sayang sekali, RS pemerintah memang tidak care dengan pihak keluarga. Gak ada yang ngasih tau keluarga gue bahwa gue udah kelar operasi. Kasian mereka nunggu gue ampir 5 jam dengan khawatir. Jadi tante gue yang nanya ke dokter anestesinya!!!

Apa rasanya operasi?
Jujur?

Sakitnya gak sakit2 amat. Percayalah. Tapi besiaplah untuk kerusakan suara (akibat syaraf ketarik2,semoga gak permanen) dan kesulitan minum...

Malam setelah operasi, gue beraktivitas di tempat tidur. Blm bisa bangun, pusing banget abis dibius.

Hari kedua, menelan makanan agak sakit, tp makan bubur bisa lah. Gue jg udah berani jalan ke kamar mandi. Dengan menenteng2 infus dan drain tentu saja, di-escort suster. Gue minum pake sendok.

Hari ketiga? Gue mulai mellow. Gue nangis waktu Si AA ninggalin gue (kerja bo), hihihi...Tapi overall gue gak sakit. Gue lupa2 inget, tp tampaknya gue udah berani ke kamar mandi sendiri...ohya, minum masih pake sendok.

Hari Keempat gue udah agak bahagia karena udah bisa macem2..termasuk bisa menikmati Farmville :D Minum juga udah pake gelas walau pelan2...soale sering keselek :D

Hari kelima adalah hari yang membahagiakan. Karena gue udah bisa menelan dengan baik, gue bisa minum obat pake air. Yang berarti infus gue bisa dilepas!!! Huhuy. Drain juga udah nyaris kering, bisa dilepas.

Hari Sabtu gue pulang ke rumah....Senangnya!

No comments:

Post a Comment