Wednesday, July 14, 2010

Hidup Tanpa Tiroid

Sejak tiroid gue diambil, gue harus minum hormon seumur hidup. Untuk keperluan treatment lanjutan, gue harus 'puasa' hormon.

Gue mulai puasa dari 9 Juni, jadi hingga hari ini, udah sebulan lebih gue gak minum thyrax.

Kayak apa rasanya hidup tanpa tiroid (dan hormon yang dihasilkannya?)

Menyebalkan.
Lemas.
Laper mulu (eh ini gara2 berenti ngerokok kali ya)
Berat badan naik, dengan cepat. This thing is little bit frustating. DEngan demikian, gue mengurangi karbohidrat, tapi karena makan dikurangi, gue jadi agak sulit BAB (yang ternyata sebenernya berhubungan dengan tiroid).

Singkatnya, tiroid itu mempengaruhi metabolisme...sehingga semua jadi berantakan ketika dia tidak ada.

Bahkan dokter gue pun bilang "mbak kalau cek kolesterol sekarang, pasti tinggi!"
Gubrak.

Namun akhirnya semua penantian itu berakhir. Akhirnya tadi gue 'diizinkan' minum thyrax (atau penggantinya, tauk namanya).

No comments:

Post a Comment