Monday, August 15, 2011

Ayo Kita Kemo(n)

Setelah antrian yang melelahkan di RSCM sehari sebelumnya, tanggal 5 Agustus lalu gue kemoterapi. Dalam Facebook, gue tulis gue lagi 'spa'. Lebay banget ya.

Kemo diadakan di RSCM, Gedung A ruang 301, ruang khusus kemoterapi. Ini adalah pengalaman pertama, gak ada yang bisa gue tanya2 (dan males browsing), jadi gue bawa bawaan kayak mau nginep.

Ternyata ruangannya adalah ruang khusus kemo, ada 5 bed di sisi kanan dan 5 bed lain di sisi kiri. Rupanya sisi satu untuk perempuan, satunya lagi laki. Ohya, kamar mandi di luar, jadi agak merepotkan jika harus geret2 infus.

Satu hal yang tidak gue tahu adalah infusnya bikin badan panas dingin. Gue salah kostum dengan sukses: kaos dan jaket...dan jaket itu gak bisa dilepas selama tangan masih ada selangnya! Jadi gue cuman bolak balik badan aja karena punggung keringetan lalu kedinginan lagi.

Total dikemo adalah 10 jam. Ada saatnya kebosanan gue sudah mencapai titik tinggi dan gue memotret segalanya...
Wajahku yang cantik(??!)



Bahkan makanan rumah sakit


...dan tangan gue!


Fasilitas ruang 301 itu, hmmm.....ada dispenser tapi gak dikasi gelas....makanannya standar rumah sakit (alias gak asiiikkk), ada TV flat tapi posisinya di samping (tapi lumayan banget siiih)...seperti sudah gue singgung, toiletnya ada di luar, rempong juga jalan2 pake infus...ranjangnya gak reclining pake 'pencetan', jadi gue kemarin males membaca karena tempat tidurnya gak bisa tegak.

Singkatnya, kemo berikutnya -jika gak di kamar yang standar- gue akan:
-pake baju nyaman
-jangan pake jaket..panas...
-bawa gelas
-bawa makanan krn makanan rumah sakit gak cocok dengan selera gue

Kemudian gue baru tahu dari tante kalau tangan gue gak boleh banyak gerak karena infusnya 'racun', kalau sampai 'keluar jalur' bahaya...mungkin berikutnya gue pasang kateter aja kali ya?! Atau pakai pampers...hmmmmm

Perawatan kemo gak nginep jadi gue pulang malemnya.

Besoknya belum begitu kerasa efeknya. Masih bisa keluar2 rumah main kucing..pake masker tapinya, takut terekspos kuman2.

Dua hari kemudian terasa teler...rasanya lemas, mulut kering, kliyengan, dan yang tidak gue duga adalah susah p*p!!!

Sakiiiitttttt!!!

Jadi besok2 gue akan persiapan makan pepaya banyak2 sebelumnya...

Puncak dari segala keteleran adalah hari Selasa (4 hari setelah kemo), habis itu badan mendingan dan tadi (15 Agustus) gue udah ngantor lagi.





No comments:

Post a Comment