Monday, March 22, 2010

20 Peritel Akan Stop Gunakan Kantong Plastik

I'm so happy to hear this...because I'll find cute (and cheaper) shopping bags :)


Sumber: VIVAnews

VIVAnews - Sedikitnya 20 peritel di Jakarta telah berkomitmen mendukung program 'Jakarta Bebas Kantong Plastik' pada 2011 mendatang. Mereka akan mulai mengurangi penggunaan kantong plastik untuk setiap kegiatannya.

"Belum bisa disebutkan nama-nama peritel tersebut. Kalau sudah lengkap dan pasti, akan diumumkan,” ujar Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, Sabtu 20 Maret 2010, seperti dikutip dari situs milik Pemerintah DKI Jakarta.

Melihat dukungan yang cukup besar dari peritel, Fauzi optimis pengurangan kantong plastik di Jakarta dapat dilaksanakan pada pertengahan tahun ini dan Jakarta bisa bebas dari kantong plastik pada 2011.

Proses sosialisasi terus dilakukan agar warga Jakarta memahami bahwa kantong plastik merupakan polutan yang sangat merusak sifatnya dalam jangka panjang.

Gubernur mengimbau warga Jakarta untuk mulai mengurangi pemakaian kantong plastik. Kontrol terhadap masyarakat bersama dengan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) dan LSM pecinta lingkungan akan segera dilakukan. Pengawasan mulai dari sumbernya yakni pabrik hingga departemen store sebagai pengguna kantong plastik kepada konsumennya.

Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang, Ahmad Haryadi, mengatakan, pelaksanaan program pengurangan kantong plastik dimulai bersamaan dengan hari ulang tahun Jakarta yang jatuh pada Juni mendatang.

"Saat ini sedang disusun rencana aksinya. Diharapkan sudah ada langkah konkret yang dapat diluncurkan pada ulang tahun Jakarta, 22 Juni tahun ini," kata Haryadi.

Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta, Peni Susanti, juga mengakui saat ini sudah cukup banyak peritel yang bersedia mengurangi kantong plastik.

Peritel dan pasar-pasar tradisional di Jakarta segera melaksanakan program satu hari tanpa kantong plastik. "Program satu hari tanpa kantong plastik ini merupakan salah satu langkah awal. Kemungkinan akan dilaksanakan bulan depan atau April tahun ini," ujarnya.

Saat ini BPLHD DKI sudah menyiapkan solusi pengganti kantong plastik, yakni berupa kantong baru yang terbuat dari bahan baku yang lebih mudah terurai.

No comments:

Post a Comment