Wednesday, December 9, 2009

Komentar Tentang Volvo.....

Gue ikut milis komunitas Volvo dan pertanyaan2 bagi yang baru tertarik pada Volvo adalah
apakah Volvo rewel?

Gue gak jawab di milis, tapi gue mau nulis di sini, selaku seorang user (hanya pakai saja, gak ngerti mesin).

Ya, Volvo rewel. Ohya, yang dibicarakan di sini umumnya adalah seri 7, 8, dan 9, buatan sebelum 2000. Si hitam Royal bolak balik AC-nya ngadat....dan bokap gue akhirnya ganti baru aja semua. Untuk AC beres, tapi SMS bokap adalah "AC royal sekarang makyus...tapi tagihannya bikin mules...."

Untuk yang wagon, penyakit lamanya adalah AC yang mati. rpm tinggi kalau idle (tapi kalau mesin dimatiin terus dinyalain lagi, dia normal lagi).

Beberapa sparepart juga gak gampang. Uang ada belum tentu barang ada. Ada istilahnya 'kampakan', yang berarti 'mretelin' dari mobil yang udah gak kepakai, tapi kan stok terbatas dan belum tentu barang yang dipretelin itu yang kita cari, bukan??!

Gue mengalami kesulitan dengan selang turbo. Jika orang bisa bilang 'selang turbo kan banyak', maka yang gue cari bukan bagian tersebut. Sorry gue gak ngerti permesinan jadi gak bisa nerangin, tapi ada masanya sang selang diganti dengan yang tidak orisinil dan berakhir dengan bocor berkali2. ADa yang bilang bisa pakai selang Panther, tapi katanya gak cocok pas dicoba.

Jika bandingannya dengan X*n**, maka Volvo akan sangat, sangat, sangat rewel. Tapi pernah juga gue denger bahwa mobil Eropa lainnya juga gak kalah rewel. Dan menurut gue, punya mobil berumur memang harus perlu kesabaran....dan mobil/motor cadangan :P

Pertanyaan berikutnya yang umum adalah tentang konsumsi BBM:
  1. Volvo saya 1/6, itu normal gak?
  2. Gimana biar bikin Volvo irit?

Terakhir gue baca di milis tentang seorang yang cerita kalau Volvonya 1/6.5. Berhubung gak ada yang komen, gue jawab, "Mobil saya malah 1/5.5, pertamax/pertamax plus dan hobi nyalip di tanjakan".

Ada juga yang bilang mobil dia hemat. Well, lucky you. Mungkin dia nyupir selalu <>

Bagi gue gak masuk akal jika mobil 2300/3000 cc bisa hemat seperti...well, X*n** tadi. Ingat, umurnya udah belasan tahun. Mobil2 ber-cc besar jaman sekarang mungkin hemat, but we can't afford the technology.

Saat ini gue tidak tertarik pasang alat biar hemat. Bagi gue (dan bokap), kami terima bahwa untuk sebuah kenyamanan ada harga yang harus dibayar.

Terakhir yang pengen gue tulis adalah pendapat pribadi gue tentang mobil dandan dan BBM yang dipakai. Kecuali jaman tiris beberapa tahun yang lalu, gue gak pakai premium lagi. Bagi gue, egois banget memakai BBM bersubsidi untuk mobil gue yang boros2 itu. Lalu tentang mobil dandan, pernah gue baca email yang menerangkan apa aja yang dihabiskan untuk mobilnya: full asesoris, velg gede, pokoknya keren lah....tapi tu mobil 'dikondisikan' untuk minum premium.

Gubrak.

Gue gak pernah ngerti attitude seperti itu. Velg gede itu belasan juta, belum lagi bannya. Tapi kok masih tega2nya beli BBM bersubsidi??!

How could youuuuuuuuuuu???????????????

No comments:

Post a Comment